Ulasan Tentang Kubah Enamel dan Harga Terbaru (Update 2019)

Kubah Enamel

Sebelum mendefinisikan apa itu kubah enamel, ada baiknya kami sampaikan dulu apa itu yang dimaksud enamel dalam hal ini, yaitu merupakan bahan kubah masjid dengan teknik panel enamel coating. Pemasangan kubah rangka konstruksi baja dengan sistem atap panel plat steel enamel (bahan teflon) atau plat zincalume powder coating untuk kubah baru maupun kubah beton yang ingin dilapisi dengan atap panel ornamen. Penutup atap dari bahan plat steel finishing enamel (bahan teflon) yang di oven dengan suhu 820°C dan penutup atap dengan Enamel Steel Panel (ESP) atau Zincalume Powdercoating Panel (PZP) atau Fiber Reinforced Polymer (FRP). System pewarnaan dengan pemanasan 790°C – 830°C diproses dengan 3 tahapan pewarnaan dan pemanasan, menghasilkan warna yang cerah, tebal, kuat, anti gores dan tahan api.

Sedang kubah enamel adalah lapisan panel kubahnya menggunakan cat subtrat/serbuk porcelain ini, dimana bahan yang dilapisi enamel hanyalah bahan-bahan tertentu yang tahan dengan suhu tinggi, diantaranya adalah plat baja low carbon yang tahan terhadap pemuaian, karena lapisan enamel ini bersifat keras dan mudah pecah. Bahan plat low carbon yang banyak digunakan adalah yang berjenis plat putih/plat mobil dengan tipe spcc-sd atau tipe sphc dimana plat ini sangat cocok dengan karakteristik enamel. Untuk ketebalan bahannya sendiri bisa bervariasi, tergantung luas media per panelnya, bisa mulai dari ketebalan 0,7mm sampai 1,2mm.

Produk Kubah Enamel Kami

Untuk produk kubah enamel yang kami kerjakan menggunakan plat standart referensi dari PT. MASPION selaku suplier dan sub cont untuk proses enamelingnya.

Untuk harga kubah enamel tahun 2019 untuk wilayah Pulau Jawa permeter persegi Rp 2.500.000 /m, sedangkan untuk wilayah luar Pulau Jawa permeter persegi Rp 2.800.000 /m. Harga masih bisa dinegosiasi dan harga tersebut sudah termasuk harga pemasangan kubah dilokasi sampai finishing.

Ketebalan bahan yang kami gunakan :

  • Tebal 0,7mm (hasil ukur) untuk panel-panel kubah dengan dimensi kecil.
  • Tebal 0,8mm (hasil ukur) untuk panel-panel kubah dengan dimensi sedang.
  • Tebal 1,0mm (hasil ukur) untuk panel-panel kubah dengan ukuran besar.

Konstruksi Panel

EnamelSystem pemasangan panel enamel tidak menggunakan paku drilling (mengingat penggunaan paku drilling mempunyai masa ketahanan ± 4 tahun dikarenakan korosi dan mudah lepas). Untuk konstruksi panel kami menggunakan system yang kami namakan lock down system, dimana pada system yang kami gunakan setiap panelnya saling berkaitan dengan adanya plat pengunci panel.

Sistem penguncian ini mampu mengikat panel-panel walau tanpa harus menggunakan screw drilling/baut, juga tanpa menggunakan pengait samping. Sehingga akan mengurangi panel-panel dari tekanan yang mengakibatkan lapisan enamelnya mudah pecah. Tetapi untuk menjaga agar lebih kuatnya kami memberikan satu titik baut pengunci yang letaknya tersembunyi dan tidak berpengaruh sama sekali terhadap tampilan panelnya setelah dipasang.

Sehingga dengan demikian kami jamin panel yang kami kerjakan akan aman terhadap tekanan pada saat memasang baut/screw drillingnya, juga akan sangat sedikit menimbulkan kerusakan pada konstruksi lapisan enamelnya. Kami akan membantu untuk membuat kubah masjid yang eksklusif dan warna yang tahan lama dan tidak perlu perawatan. Kami siap memenuhi sesuai desain yang diminta.

Contoh Kubah Enamel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *