Ulasan Tentang Kubah Masjid Galvalum dan Daftar Harga (2019)

Kubah Masjid Galvalum

Ornamen masjid berbahan galvalum merupakan pelapisan luar kubah berbentuk panel/kotak-kotak dimana untuk penutup permukaannya dibuat dari bahan jenis galvalum. Kubah masjid galvalum sendiri bisa digunakan untuk melapisi kubah beton atau kubah baru. Sekarang banyak kubah masjid menggunakan plat galvalum sebagai ornamen masjid untuk bagian luar kubah.

Galvalum adalah salah satu bahan material kubah yang cukup diperhitungkan dalam pembangunan sebuah masjid. Konstruksi kubah galvalum atau material baja ringan sendiri memang sudah melewati serangkaian uji coba lewat lembaga penelitian beberapa ahli hingga bertahun-tahun lamanya.

Sebagai hasilnya, konstruksi bahan galvalum ini sudah lolos uji ketahanan dan kekuatan yang berhubungan dengan keselamatan umat manusia tentunya. Hal inilah yang menjadi pertimbangan, mengapa banyak masjid yang membangun kubah dengan bahan material galvalum ini.

Bahan galvalum terbuat dari bahan dasar baja lapis Zincalume (55% Aluminium, 43,5% Zinc dan 1,5% Silikon). Galvalum ini ada banyak sekali mereknya, namun secara globalnya komposisi campuran aluminium dan zinc sama. Secara garis besar galvalum ini mempunyai kekuatan yang luar biasa dan daya tahan panasnya bisa mencapai 300°C tanpa merubah kountur tampilannya.

Disamping itu daya tahan terhadap korosi dan pengasaman juga sangat bisa diandalkan, itulah mengapa bahan galvalum ini banyak sekali digunakan sebagai atap-atap rumah seperti genteng metal, spandek, trimdek. Sekarang untuk talang-talang airpun sudah banyak menggunakan galvalum menggantikan posisi talang jenis seng dan talang jenis karpet.

Dari berbagai keunggulan itulah kami mengaplikasikan galvalum sebagai penutup permukaan kubah masjid dengan dibentuk menjadi panel-panel. Disamping itu pula galvalum ini sangat mudah di bentuk, bahkan juga daya rekatnya terhadap cat jenis epory primer/cat dasar sangat kuat dan yang memungkinkan catnya tidak mudah mengelupas.

Untuk harga kubah galvalum tahun 2019 untuk wilayah Pulau Jawa permeter persegi Rp 1.500.000 /m, sedangkan untuk wilayah luar Pulau Jawa permeter persegi Rp 1.800.000 /m. Harga masih bisa dinegosiasi dan harga tersebut sudah termasuk harga pemasangan kubah dilokasi sampai finishing.

Kelebihan Galvalum

  • Tahan terhadap panas
  • Tidak terbakar/tidak membesarkan api
  • Tahan terhadap korosi atau karat
  • Bisa menetralkan cuaca panas
  • Pemasangan mudah dan cepat
  • Mutu material konsisten (rata)
  • Kuat dan tidak rapuh
  • Ringan dan anti rayap
  • Daya rekat fleksibel
  • Detail struktur di hitung dengan software khusus
  • Harga yang kompetitif

Kekurangan Galvalum

Galvalum

Sebenarnya kekurangan dari kubah berbahan material galvalum ini yaitu lebih mudah menyerap kalor atau panas, dengan begitu bisa mempengaruhi temperatur yang terdapat dalam ruangan, namun untuk masjid sendiri tentunya hal ini tak akan berpengaruh cukup banyak, apalagi umumnya bangunan masjid dibuat lebih tinggi dibandingkan bangunan rumah pada umumnya. Terlebih lagi hal tersebut berpengaruh sesuai dari lokasi masjid itu sendiri, apakah terletak di area yang beriklim non tropis maupun tropis.

Contoh Kubah Galvalum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *